Latest Reviews

Mengatasi rasa benci atau tak suka, pada seseorang yang memberi luka, baik sengaja atau tidak

  Di jaman sekarang ketikkan atau omongan bisa memberi luka, baik sengaja atau tidak.  Karena, hal tersebut banyak orang menyimpan dendam. T...

Sabtu, 22 Januari 2022

Tips menjadi pendengar dan penasehat handal

 


Menjadi seseorang yang bisa membuat semua orang  tertawa adalah impian semua orang, tapi tidak semua orang bisa menjadi pendengar sekaligus penasehat handal di jaman sekarang. Satu-persatu manusia mencoba untuk terlihat asik dan menonjol diantara yang lainnya.

Justru karena itu mereka mulai menjadikan lelucon atas cerita atau masalah seseorang. Murni bukan kesalahan mereka juga, karena sebagian yang bercerita sekarang bukan cerita sebenarnya untuk hidupnya. Namun, tidak semua orang berbohong atas curhatnya?

Atau kamu adalah tipe seseorang yang mencoba akrab untuk semua orang tapi selalu gagal.  Kenapa tidak mencoba merubah  prinsip hidupnya menjadi,

 

 It's fine if I can't make someone laugh, but it's even worse, if I can't accompany someone at their worst

Tidak apa-apa jika saya tidak bisa membuat seseorang tertawa, tetapi akan lebih buruk lagi, jika saya tidak bisa menemani seseorang dalam keadaan terburuknya.

 

Tanpa bertele-tele lebih dalam lagi mari simak tips berikut untuk menjadi seorang pendengar sekaligus penasehat handal:

  • ·         Jangan menyebar keluh resahnya atau rahasianya

v  Mungkin menurutmu menyebar keluh resahnya atau rahasianya adalah bagian untuk membuatnya sadar, tapi tanpa sadar membuatnya menjadi malas, sungkan dan malu bercampur aduk untuk bercerita lagi padamu. Bahkan efeknya adalah dia akan memiliki masalah Trust Issue. Waduh, bahaya kan?

v  Jadi dari mulai sekarang pikirkan apa saja yang tidak boleh di sebar. Karena, jika seseorang mulai bercerita atau membeberkan rahasianya. Mungkin saja dia mempercayaimu.

 

Trust is the foundation of a relationship. If trust from the start is broken, it will never be the same again.

Kepercayaan adalah dasar dari  sebuah hubungan. Jika kepercayaan dari awal sudah rusak, tidak akan sama lagi.

  

  • ·         Jangan memotong

v  Malas atau jengkel, melihat atau mendengar seseorang yang bicara atau mengetik masalah hidupnya secara perlahan-lahan? Saking malasnya atau jengkelnya kalian sengaja memotongnya.

v  Menurutmu ini hal sepela tapi itu bisa membuatnya sakit hati, bahkan bisa membuatnya menjadi sosok yang memiliki trust issue. 

 

Patience is the main key to being a reliable listener

Kesabaran adalah kunci utama untuk menjadi pendengar yang dapat diandalkan

 

 

  • ·         Memilih kosakata yang tepat

v  Ingin bicara apa adanya tapi tidak ingin dia sakit hati? Lebih baik mengunakan kosakata yang halus, memotiviasinya dan terkesan tidak memerintahnya atau menyakitkannya. 


üContohnya: “Elu kenapa goblok banget bisa masuk ke lubang yang sama? Punya otak, ga?”

üBisa di ganti: “Tak apa manusia biasa berbuat salah. So, jadikan ini sebagai  pelajaran dan jangan mengulang lagi.” 

 

Humas have brains and hearts, so why not use two in blance?

Manusia memiliki otak dan hati, jadi mengapa tidak menggunakan keduanya secara seimbang?

 

  • ·         Berandai berada diposisinya

v  Biasanya  yang bercerita padamu tentang masalah hidupnya tidak akan selalu meminta pendapatnya. Mereka hanya ingin dimengerti dan dipahami.

v  Tak perlu mengatakan kalian paham pasti apa yang mereka rasakannya tapi resapkan dan berandai-andai saja ketika berada di posisinya. 

 

Don't lie if you don't care, because all humans don't need it

Jangan berbohong jika tidak peduli, karena semua manusia tidak membutuhkannya

 

  • ·         Jangan memberi solusi, jika tidak di tanya

v  Tujuan utama untuk tidak masuk lebih ke dalamnya atau ikut campur masalahnya. Selain itu dia akan lebih merasa dihargai dan dicintai, jika kalian tak terlalu masuk kedalam masalahnya.

 

 No human likes their privacy being invaded?

Tidak ada manusia yang suka privasi mereka diserang?

 

  • ·         Jangan memaksanya untuk bercerita lebih

v  Paksamu itu bisa saja menganggunya, membuatnya menutup  pintu rumahnya untukmu. So, tidak perlu mendesaknya lebih untuk  membuat pintu terbuka. Hanya cukup katakan. “Jika kamu ada masalah cerita saja ke saya. Saya stay by 24 jam untuk mendengar keluh resahmu.”

Coercion will make your interlocutor depressed

Pemaksaan akan membuat lawan bicaramu tertekan


  • ·         Beri perhatian kecil

v  Beri dia pelukkan atau sandaran bahumu atau perhatian kecil lainnya.

v  Jika kamu tidak terbiasa untuk memberi perhatian atau tidak suka skinship atau temanmu tidak suka perhatian yang diberikan seacara langsung. Kamu bisa saja berpura-pura tidak memperhatinya tapi diam-diam memperhatinya. 

üContohnya kamu bisa berpura-pura ingin memakan masaknya kesukanya tapi  pura-pura ketika memakannya rasanya tak enak dilidahmu. Nah ini kesempatan untukmu. Caranya memang terkesan kasar tapi orang yang memahamimu akan tambah merasa di specialkan. 

 

Not everyone likes direct attention or giving direct attention. But that's not a reason not to pay attention or be noticed, right?

Tidak semua orang menyukai perhatian langsung atau memberikan perhatian langsung. Tapi itu bukan alasan untuk tidak memperhatikan atau diperhatikan, kan? 

 

  • Jangan katakan kamu tidak percaya dengan ceritanya,

v  Kamu mungkin berpikir apakah yang bercerita padamu itu berbohong, karena kalian baru kenalanan atau dia gampang percaya. Jangan berpikir buruk dulu, atau  dia merasa kamu adalah sosok masa lalunya. 


people will easily pour out their hearts when they meet people who are exactly the same as their past

orang akan dengan mudah mencurahkan isi hatinya ketika bertemu dengan orang yang sama persis dengan masa lalunya


Jangan merasa tak berguna ya? Cukup belajar dari kesalahan dan jangan mengulangi lagi, okay? Artikel ini saya buat untuk menghabiskan waktu. Jika ada salah kata atau kalimat saya meminta maaf sebesar-besarnya.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.